Pembahasan Mengenai Penyakit Kista

Kista merupakan jenis penyakit tumor yang seringkali terjadi pada wanita dan tidak sedikit dari para penderita yang harus mengalami operasi pengangkatan rahim yang kemudian berdampak pada gangguan rahim. 

Menurut Dr. dr. T. Z.Jacoeb, SpOG-KFER, kista tidak hanya dapat tumbuh di ovarium atau indung telur wanita saja, tetapi juga dapat tumbuh di paru-paru, usus dan bahkan di otak. Penyakit kista dapat disebabkan oleh polusi udara dan debu.

Adanya dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas bermotor dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia yang kemudia akan membantu tumbuhnya kista. Selain itu dari faktor makanan, lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat akan mengakibatkan zat-zat lemak tidak dapat dipecah dalam proses metabolisme sehingga akan meningkatkan hormon testosteron.

Ada 4 macam kista indung telur. Kista fungsional, dermoid, cokelat (endometriosis) dan kista kelenjar (cystadenoma). Sampai saat ini masih belum diketahui bagaimana terjadinya kista. Biasanya tumbuh sangat pelan dan sering terjadi keganasan pada umur lebih 45 tahun. Dari keempat kista ini yang paling banyak dan justru sering mengecil sendiri seiring dengan membaiknya keseimbangan hormonal adalah kista fungsional.

Penyebab Pada Kista Indung Telur ( Ovarian Cysts )

Ovarian cysts (kista-kista indung telur) terbentuk untuk banyak sebab-sebab. Tipe yang paling umum adalah suatu follicular cyst, yang berakibat dari pertumbuhan suatu follicle. Suatu follicle adalah kantong yang normal diisi cairan yang mengandung sebuah telur. Follicular cysts terbentuk ketika follicle tumbuh lebih besar dari normal sewaktu siklus menstrual dan tidak membuka untuk melepaskan telur. Biasanya, follicular cysts hilang (pecah) secara spontan melalui perjalanan waktu dari berhari-hari sampai berbulan-bulan. Cysts (kista-kista) dapat mengandung darah (hemorrhagic cysts) dari luka atau kebocoran dari pembuluh-pembuluh darah kecil kedalam kantong telur.

Tipe yang lain dari ovarian cyst yang dihubungkan dengan siklus menstrual adalah suatu corpus luteum cyst. Corpus luteum adalah suatu area dari jaringan didalam ovary (indung telur) yang terjadi setelah sebuah telur telah dilepaskan dari sebuah follicle. Jika suatu kehamilan tidak terjadi, corpus luteum biasanya pecah dan menghilang. Ia mungkin, bagaimanapun, mengisi dengan cairan atau darah dan menetap pada ovary. Biasanya, kista (cyst) ini ditemukan hanya pada satu sisi dan tidak menghasilkan gejala-gejala.

Adakalanya, jaringan-jaringan dari ovary berkembang secara abnormal untuk membentuk jaringan-jaringan tubuh lain seperti rambut atau gigi-gigi. Cysts (kista-kista) dengan jaringan-jaringan abnormal ini disebut benign cystic teratomas atau dermoid cysts.

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana sel-sel yang secara normal tumbuh didalam kandungan (womb), malahan tumbuh diluar kandungan (uterus). Ketika endometriosis melibatkan ovary, area dari jaringan endometrial mungkin tumbuh dan berdarah melaui waktu, membentuk suatu area kista yang berwarna coklat adakalanya dirujuk sebagai suatu chocolate cyst atau endometrioma.

Kista terbagi menjadi dua tipe yaitu :
  1. Kista non-neoplastik, yang sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan , Jenis Kista ini tidak berbahaya bagi kesehatan
  2. Kista neoplastik, kista ini umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya ,  Jenis Kista ini sangat berbahaya bagi kesehatan masalah yang dapat ditimbulkan penyakit kista { Nyeri Haid, Kista Pecah, Pendarahan, Terlilitnya batang ovarium, Gangguan Kehamilan, Infeksi, Kanker Endometrium } .

1 komentar:

  1. syaefudin mengatakan...:

    thank infonya
    sangat bermanfaat dan berguna
    salam kunjung

Poskan Komentar